Cara Menampilkan widget hanya pada halaman awal blogspot

Written By batikbumi on 12 Okt 2012 | 01.35

Cara Menampilkan widget hanya pada halaman awal blogspot
Bila anda salah satu bloger yang memanfaatkan jasa blogspot sebagai media untuk melakukan aktifitas bloging anda, maka anda akan sering menggunakan widget untuk lebih memberi warna pada blog anda. Widget yang anda tambahkan pada blog secara otomatis akan tampil pada seluruh halaman blog anda, baik itu pada bagian homepage (halaman awal) maupun pada halaman postingan lainnya.

Bila anda ingin membuat blog anda kelihatan lebih profesional dengan memberi sentuhan tersendiri pada bagian homepage (halaman awal) sehingga tampak berbeda dengan halaman lain pada blog anda. Misalnya dengan menambah widget yang khusus hanya tampil pada halaman awal blog saja. Anda bisa melakukan hal ini pada blogspot dengan menambahkan beberapa kode/script supaya widget tersebut hanya muncul pada halaman utama atau homepage.

Kode/script tersebut harus kita sisipkan pada bagian widget yang ingin anda tampilkan pada halaman utama atau homepage, berikut cara yang bisa anda ikuti:
  • Masuk ke akun blogger anda kemudian masuk menu Design - Edit HTML/Edit Template
  • Cek pada expand template widget
  • Sebelum melakukan penambahan didalam template, sebaiknya backup dulu template anda,  dengan cara mendownload full template.
Selanjutnya pilih widget yang akan anda munculkan pada bagian homepage saja, misalnya widget "Recent Comment" setelah ketemu sisipkan 2 baris kode/script berikut sebagai perintah supaya hanya muncul pada halaman utama atau homepage saja. Anda bisa memperhatikan baris kode widget recent comment berikut: 

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='recent comment' type='HTML'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != ""'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> <b:include name='quickedit'/></b:if> </b:includable> </b:widget>



kode yang berwarna merah adalah kode untuk memunculkan widget supaya hanya muncul di homepage.

Kemudian save template, sekarang widget hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage, bila anda masuk ke salah satu halaman post, maka widget tersebut tidak akan muncul.

0 komentar:

Posting Komentar