Tutorial SEO

Written By batikbumi on 13 Jul 2012 | 04.49

Tutorial SEO

berikut ini adalah tentang cara mengoptimasi website / blog anda dengan 5 teknik, yaitu:

1. Pemilihan Kata Kunci


tutorial seo
Tutorial SEO
Memilih kata pencarian untuk website/ blog anda (kata kunci) tidak sulit. Yang perlu anda lakukan adalah berpikir tentang apa yang akan orang ketik di Google untuk membuat website anda muncul. Tentu saja, ada metode yang lebih ilmiah untuk memilih kata kunci di samping metode "berpikir tentang hal ini selama dua detik". metode tersebut adalah:

Dengan Melakukan Survei:

Tanyakan teman Anda apa yang akan mereka ketik di Google jika mereka mencari produk atau jasa yang anda jual/ tawarkan. Jika Anda memiliki website yang menjual sampo untuk orang dengan rambut kering, tanyalah orang-orang di sekitar Anda: Apa yang akan mereka ketik di Google jika ingin mencari sampo pelembab baru? Jawaban mereka mungkin secara umum adalah "beli sampo", atau mereka mungkin secara khusus mencari "sampo untuk rambut kering", atau mereka mungkin mulai dengan beberapa research dengan menulis, "apa shampoo yang terbaik untuk rambut kering?"

Gunakan Perangkat Pencarian Kata Kunci AdWords dari Google

Perangkat gratis ini adalah standar untuk pemilihan kata kunci di dunia SEO. google adwords akan menunjukkan statistik berapa banyak orang yang mencari kata kunci yang Anda masukkan secara global dan lokal (negara), bersama dengan daftar istilah terkait dan volume pencarian google. Anda dapat mengakses adwords lewat link ini: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Manfaatkan Kompetitor Anda

Pesaing anda mungkin sudah menghabiskan banyak waktu dan energi melakukan penelitian pada kata kunci yang membuat mereka berada pada peringkat atas google. Anda bisa memakai kata kunci yang mereka pakai. Untuk melakukannya, cukup ketik ke Google apa yang anda gunakan sebagai kata kunci utama website anda, dan lihat lihat pada judul hasil pencarian yang diberi underline biru. di situ akan terlihat kata kunci dan deskripsi yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan kata kunci anda.

Tutorial SEO
Tutorial SEO
Cara lain yang lebih dahsyat dalam memanfaatkan kata kunci kompetitor anda, yaitu dengan memanfaatkan tool gratisnya Alexa.(http://www.alexa.com), caranya masukkan domain dari website kompetitor, klik tombol Get Detail, kemudian klik tab Search Analytics. Di sisi kanan, Anda akan melihat Top Queries From Search Traffic. 
Anda bisa memanfaatkan iBacklinkPRO untuk melihat pada kata kunci apa backlink website kompetitor anda.
Dengan memanfaatkan tool-tool tersebut maka anda akan mengetahui kata kunci yang dipakai oleh kompetitor anda yang benar-benar memberikan trafic pada website mereka. 


Tutorial SEO
Tutorial SEO


2. Pemilihan Meta Tag


Kunci agar meta tag anda benar-benar efektif adalah membuat deskripsi website anda dengan memasukkan kata kunci (keyword) yang menjadi target anda agar human-friendly dan Google-friendly.
Ketika membuat judul halaman meta, Anda hanya perlu mengetahui dua hal berikut ini:
  1. Buat deskripsi yang sederhana tentang isi dari website anda, dengan tetap mengikutsertakan kata kunci (keyword) yang menjadi sasaran anda sehingga google dapat mengetahui tema website anda.
  2. Buat deskripsi website anda maksimal 100 karakter, meskipun Google hanya akan menampilkan kurang lebih 65 karakter.
Contoh deskripsinya adalah :
"Nama Perusahaan Anda/ nama website anda, menyediakan Kata Kunci pertama, Kata Kunci kedua, Kata Kunci ketiga."

3. Link


Google akan memberikan kredit pada website anda setiap kali ada website lain yang me-link ke website anda, dan link yang paling disukai google adalah link teks daripada link dari gambar (agar bernilai sama harus ditambah alt tag)



Namun, link teks dengan kata kunci sebagai anchor, jika digunakan secara berlebihan malah akan membuat website anda dicampakkan oleh google. Karena dengan algotitma barunya google akan menghukum situs yang memiliki link teks terlalu banyak dengan kata kunci yang sama yang mengacu pada website anda. Misalnya anda menggunakan kata kunci "tutorial seo" yang mengarah ke website anda, maka peringkat website anda akan segera turun pada google.

Jadi tujuannya adalah untuk membuat praktek backlinking sealami mungkin. Resep berikut adalah untuk membuat pola yang sempurna "alami" saat membuat backlink ke website anda. Dengan kata lain, ini adalah rumus untuk membuat anchor text yang me-link ke website anda dalam keadaan ideal. Misalnya saya akan memakai kata kunci tutorial seo sebagai kata kunci utama website saya. Maka buat:

20% link teks adalah yang berkisar atau mendekati kata kunci anda, misalnya:
Jika membutuhkan tutorial seo kunjungi <a href="bum1.info">bum1.info</a>

30% link teks adalah dengan memasukkan kata kunci Anda tetapi juga termasuk kata-kata lain dalam kalimat, misalnya 
<a > aku sedang mencari tutorial seo </a>

30% link teks adalah masukkan kata kunci Anda saja, misalnya 
<a>tutorial seo</a>

20% sisanya adalah link gambar (image link)

4. Struktur URL website anda


Secara sederhana, kata kunci utama Anda harus dalam URL Anda. Lebih disukai lagi, jika kata kunci anda terletak pada seluruh URL. Misalnya, jika Anda memiliki situs yang membahas tutorial seo, maka kata kunci yang harus anda pakai adalah tutorial seo, dan nama domain yang terbaik bagi website anda adalah tutorialseo.com. Jika Anda memiliki banyak kata kunci, pastikan setiap kata kunci tersebut memiliki landing page-nya sendiri-sendiri, dengan kata kunci sebagai alamat URL anda. Cara yang paling standar untuk memformat kata kunci spesifik URL adalah sebagai berikut:

www.websiteanda.com/tutorial seo.html
www.websiteanda.com/keyword2.html
www.websiteanda.com/keyword3.html

5. Umur Website Anda

Umur website akan sangat berpengaruh bagi google untuk memberi peringkat. Google akan menunda ranking suatu website yang masih muda / baru dibuat meski sudah melakukan trik seo (white hat).
Jadi tetap konsisten menjaga konten dan meng-update website anda, karena google akan memberi kredit lebih pada website anda.


Tutorial SEO
Tutorial SEO

semoga

Tutorial SEO

ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar